Sudahkah Anda Cuci Tangan dengan Benar?

"Mencuci tangan dengan metode itu mampu mengurangi jumlah bakteri lebih banyak dibandingkan mencuci tangan dengan metode tiga langkah"
Metode mencuci tangan enam langkah dari WHO ini memang memakan waktu 42.5 detik. (bcac.bc.ca)

KLIKPOSITIF - Penelitian menunjukkan bahwa metode enam langkah mencuci tangan yang diusung oleh WHO merupakan cara terbaik dalam mencuci tangan.

Menurut penelitian tersebut, mencuci tangan dengan metode itu mampu mengurangi jumlah bakteri lebih banyak dibandingkan mencuci tangan dengan metode tiga langkah yang diperkenalkan oleh pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika.

Dalam jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology yang dikeluarkan oleh peneliti asal Inggris bulan ini, dijelaskan bahwa jumlah bakteri pada tangan mereka yang melakukan metode enam langkah mengalami penurunan sebanyak 21 persen. Sementara mereka yang mengaplikasikan metode tiga langkah hanya mematikan bakteri sebanyak 6 persen.

“Metode mencuci tangan enam langkah dari WHO ini memang memakan waktu 42.5 detik, sebaliknya metode tiga langkah ini hanya menghabiskan waktu 35 detik. Namun metode enam langkah ini jauh lebih baik dari metode tiga langkah,” ungkap salah seorang peneliti dilansir dari science alert.

“Kami telah mengamati kebiasaan mencuci tangan dari 42 dokter dan 78 perawat di rumah sakit Glasgrow, Skotlandia. Separuh dari mereka ditugaskan untuk melakukan metode tiga langkah, yang lainnya harus melakukan metode enam langkah. Akhirnya kami mengumpulkan sampel dari dokter dan perawat. Hasilnya metode enam langkah WHO memang lebih baik untuk mematikan bakteri,” tambahnya.

Metode tiga langkah mencuci tangan yang dikenalkan oleh pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika yaitu, mencuci tangan dengan bahan steril lalu menggosokkan tangan secara bersamaan dan bersihkan dengan air.

Sementara metode enam langkah mencuci tangan oleh WHO yang tepat dan baik untuk membunuh bakteri yaitu, membasuh kedua tangan, lalu memberi sabun ke permukaan tangan. Kemudian gosokkan kesela-sela tangan dan usapkan juga sabun ke punggung tangan. Gosokkan ibu jari kiri dengan