Ini Fakta Mengejutkan Tentang Kopi

"para peneliti melaporkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, orang yang mengonsumsi secangkir kopi sehari memiliki resiko 12 persen lebih kecil kemungkinannya dapat meninggal lebih cepat, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Studi yang dilakukan oleh University of Southern California (USC) menyatakan bahwa kopi dapat membuat seseorang berumur panjang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 180.000 peserta, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum kopi biasa atau kopi tanpa kafein akan mendapatkan satu manfaat kesehatan yakni lebih berumur panjang. Peserta penelitian ini diamati rata-rata selama 16 tahun.

Dari hasil riset itu, para peneliti melaporkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, orang yang mengonsumsi secangkir kopi sehari memiliki resiko 12 persen lebih kecil kemungkinannya dapat meninggal lebih cepat, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Hasil riset ini bahkan menyatakan bahwa mereka yang minum dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi 18 persen resiko kematian.

Namun tingkat kematian yang lebih rendah ini tergantung dengan apakah orang minum kopi biasa atau kopi tanpa kafein, namun peneliti menyarankan agar para pecinta kopi tidak kosumsi kopi mengandung kafein.

Di sisi lain, minum kopi ternyata juga berkaitan dengan resiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan penyakit pernafasan dan ginjal.

Dilansir dari Boldsky, studi yang dilakukan adalah riset yang cukup besar dari studi kesehatan lainnya, karena penelitian ini memiliki beragam peserta etnik yang mencakup orang Afrika-Amerika, Jepang-Amerika, Latin dan kulit putih.

"Penyelidikan semacam itu penting karena pola gaya hidup dan resiko penyakit dapat bervariasi secara substansial berasal dari seluruh latar belakang ras dan etnis, dan temuan dalam satu kelompok mungkin tidak berlaku untuk orang lain." ujar salah seorang penulis dalam riset tersebut.

Hal itu dilakukan karena pecinta kopi juga berasal empat etnis yang berbeda dan itu berkaitan antara minum kopi dan umur yang lebih lama dari tiap etnis. Jadi hasil penelitian ini berlaku untuk semua ... Baca halaman selanjutnya