Makanan Ini Sering Diberikan ke Anak, Padahal Bisa Merusak Otak

"Daging olahan seperti sosis dan nugget mengandung protein buatan, yang mencampurkan bahan kimia dalam proses pembuatannya."
Sosis. (Net)

KLIKPOSITIF - Nutrisi memegang peranan penting dalam masa pertumbuhan anak. Jika salah dalam memenuhi asupan nutrisi anak, bisa-bisa anda aka berhadapan dengan berbagai resiko kesehatan salah satunya perkembangan otak.

Hindari makanan yang bisa merusak daya otak anak berikut ini.

1. Makanan manis yang mengandung banyak gula
Selain menyebabkan obesitas, gula yang terdapat dalam permen atau makanan pencuci mulut dapat merusak otak anak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh UCLA ditemukan bahwa kelebihan fruktosa dapat memengaruhi kemampuan insulin untuk menggunakan gula dalam memproses pikiran dan perasaan. Maka, ketika anak terlalu banyak makan makanan manis, insulin tidak mampu mengolah gula yang masuk, sehingga kinerja otak menjadi lambat dan sekaligus mengganggu mood-nya.

2. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji tidak memiliki nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa makanan cepat saji mengandung pengawet dan garam berlebih yang dapat berakibat fatal pada tubuh, misalnya obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, hingga serangan jantung.

Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangannya. Bila ia sering makan junk food, kebutuhan gizinya tak terpenuhi sehingga otaknya tidak berkembang.

3. Daging Olahan
Daging merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Namun pastikan protein tersebut diperoleh dari daging asli, bukan olahan. Daging olahan seperti sosis dan nugget mengandung protein buatan, yang mencampurkan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jika anak sering mengonsumsi protein buatan ini, maka bahan kimia akan menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, sistem saraf akan terganggu. Anak akan kesulitan mengingat sesuatu dan mengolah informasi.

4. Minuman Bersoda
Tak hanya merusak gigi dan menyebabkan obesitas, soda dan minuman yang mengandung gula dapat merusak otak anak. Sebuah penelitian ... Baca halaman selanjutnya