Waspadai Kondisi Dehidrasi Akibat Cuaca Panas, Ini Cara Mengatasinya

"Ciri-ciri dehidrasi yang dapat ditemui seperti pusing, hilang konsentrasi, gemetar, kulit kering mudah mengantuk dan cepat lelah"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Positifers, dehidrasi merupakan kondisi yang tak boleh Anda sepelekan. Karena saat dehidrasi, tubuh berada dalam keadaan kekurangan cairan akibat berkeringat dan kurang minum air yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 3 level akan derajat atau tingkat keseriusan dari kondisi dehidrasi pada seseorang. Berikut adalah level-level tersebut:

Dehidrasi Level Ringan – Pada tahap ini, kekurangan cairan pada tubuh barulah mencapai 1500 ml atau 10 persen dan biasanya yang dirasakan hanya kehausan. Namun menurut penelitian asal the Tufts University dari Amerika menunjukkan bahwa suasana hati dan performa mental akan menurun karena dehidrasi ringan.
Dehidrasi Level Sedang – Pada level ini, kekurangan cairan di tubuh kita lebih tinggi, yakni 3000 ml atau 20 persen. Bila dialami mendadak, maka akibatnya bisa berbahaya. Gejalanya adalah timbul sakit kepala, dan kemudian bisa pingsan.
Dehidrasi Level Berat – Di tahap ini, kekurangan cairan pada tubuh telah mencapai lebih dari 4000 ml atau 30 persen dari cairan tubuh normal. Bila sudah pada tahap berat, seseorang dapat meninggal karena kehabisan cairan dalam tubuh.

Ciri-ciri dehidrasi yang dapat ditemui seperti pusing, hilang konsentrasi, gemetar, kulit kering mudah mengantuk dan cepat lelah. Nah, berikut ini cara mengatasi dehidrasi yang harus Anda ketahui:

Minum Air Secara Berkala
Tubuh mengalami kekurangan cairan saat cuaca panas sehingga mengeluarkan keringat yang berlebih. Hal itu tanpa disadari dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi karena cairan dalam tubuh terus keluar. Anda bisa mengatasi hal itu dengan mengonsumsi air sedikit demi sedikit. Jangan langsung minum dalam kondisi yang banyak, karena hal itu akan membuat kandung ... Baca halaman selanjutnya