Game FPS Pengaruhi Kinerja Otak

"Game FPS menggunakan perspektif orang pertama, seolah pemain benar-benar masuk ke dalam ruang virtual"
game First Person Shooter (net)

KLIKPOSITIF- Sebuah riset terbaru menyebutkan game first- person shooter (FPS) bisa berdampak pada otak. Dua peneliti dari Université de Montréal dan McGill University mempublikasikan penelitian mereka tentang psikiatri molekular.

Dari hasil eksperimen, sebanyak 85 persen dari mereka yang bermain lebih dari enam jam seminggu mengalami peningkatan pada inti nukleus sekaligus penurunan pada materi hippocampus. Artinya game FPS menurunkan kemampuan mengingat. Pada penelitian ini ditemukan keterkaitan antara game dan reduksi materi abu-abu dalam hippocampus. Materi abu-abu merupakan gen yang terkait kecerdasan, sedangkan hippocampus adalah bagian otak yang mengonsolidasi ingatan pendek ke ingatan jangka panjang serta kemampuan navigasi spasial.

Semakin lama durasi bermain game akan semakin memperparah kerusakan otak. Menurut peneliti, kebiasaan menggunakan inti nukleus membuat pemain menjadi "auto pilot learning" yang tentu tidak baik. Game FPS menggunakan perspektif orang pertama, seolah pemain benar-benar masuk ke dalam ruang virtual. Para gamer yang mengalami kerusakan pada hippocampal.

Dua profesor bernama Gregory dan Veronique Bohbot, kemudian melakukan eksperimen dengan merekrut responden berusia 18-30 tahun. Responden tersebut sebelumnya belum pernah bermain video game. Dalam eksperimen yang berjalan selama empat tahun, responden diarahkan untuk bermain game FPS dalam pengawasan kedua profesor tersebut.

Subyek penelitian dibagi menjadi dua, mereka yang menggunakan ingatan spasial untuk menavigasi dan mereka yang menggunakan inti nukleus. Inti nukleus dalam otak memiliki fungsi untuk membentuk kebiasaan. Bagi mereka yang mengalami penurunan materi abu-abu dalam hippocamus memiliki risiko tinggi mengalami peningkatan post-traumatic disorder (PTSD). Pada usia muda, mereka memiliki kecenderungan mengalami
depresi dan pada usia tua akan mengalami Alzhaimer.

Sebagian besar peta FPS relatif ... Baca halaman selanjutnya