Siapkan Anggur Merah Jika Kamu Ingin Mengurangi Dampak Merokok

"Hasil temuan mereka menunjukkan bahwa anggur merah bekerja sebagai perisai pelindung untuk arteri. "
Anggur merah. (Net)

KLIKPOSITIF - Meskipun sudah banyak peringatan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, namun masih banyak juga orang-orang yang tidak bisa menghentikan kebiasaan ini.  Kali ini, sebuah penelitian terbaru mengungkap apa yang harus dilakukan perokok untuk meminimalisir dampak kesehatan.

Dilansir dari Dailymail, laporan baru ini mengatakan minum segelas atau dua gelas anggur merah sebelum merokok dapat melindungi pembuluh darah Anda terhadap beberapa kerusakan jangka pendek terburuk. Dijelaskan, anggur merah, dengan tingkat fenol (senyawa alami) yang tinggi, dapat merangsang pembentukan oksida nitrat, yang meremajakan arteri koroner.

Menurut studi baru yang diterbitkan oleh The American Journal of Medicine pada hari Selasa, proses ini cukup kuat untuk melindungi arteri dari tembakau, yang mempengaruhi arteri dan usia sel. Para peneliti di University of Saarland Jerman memperingatkan temuan ini tidak harus diambil sebagai nasihat gaya hidup; Fokus mereka adalah pada yang sesekali merokok, bukan pecandu.

Namun, hasil temuan mereka menunjukkan bahwa anggur merah bekerja sebagai perisai pelindung untuk arteri. Studi ini telah meneliti efek merokok pada berbagai proses biokimia dalam darah dan pembuluh dari 20 orang non-perokok yang mengajukan diri untuk menghisap tiga batang rokok. Setengah dari responden minum anggur merah satu jam sebelum merokok, sampai mereka mencapai tingkat alkohol dalam darah 0,75 persen.

Darah dan urin mereka dikumpulkan sebelum percobaan dan 18 jam setelah merokok. Peneliti menjelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan mikropartikel dilepaskan ke aliran darah. Partikel-partikel ini berasal dari sel-sel endotel, trombosit, dan monosit. Pelepasan partikel ini menunjukkan bahwa sel-sel di dalam pembuluh darah telah rusak. Namun, responden yang mengkonsumsi anggur merah sebelum merokok tidak mengalami perubahan seluler.