Konsumsi Kedelai Buruk Bagi Kesuburan Lelaki?

"Kami tidak mungkin menerapkan kesimpulan satu studi berdasarkan satu laki-laki dengan populasi yang lebih besar"
Kacang Kedelai (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Kandungan kacang kedelai yang bebas lemak, kaya protein, dan ramah bagi vegetarian membuat makanan ini dinilai baik untuk kesehatan. Namun, sebagian ahli diet dan ilmuan berpendapat, kacang kedelai bisa menghambat hormon reproduksi lelaki, yang pada akhirnya memengaruhi kesuburan. Benarkah?

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan konsumsi kedelai secara teratur pada lelaki bisa menurunkan konsentrasi sperma. Studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2008 menemukan bahwa lelaki yang makan rata-rata setengah porsi kedelai sehari, memiliki tingkat kesuburan yang sama dengan peserta yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Sementara itu, studi lain dari 2011 meneliti efek kedelai pada seorang lelaki berusia 19 tahun yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar sebagai bagian dari pola makan vegan. Setelah analisis yang cermat, konsumsi kedelainya dikaitkan dengan disfungsi ereksi dan hiposeksualitas. Tingkat testosteronnya juga turun drastis.

Namun, seperti yang dikemukakan oleh ahli nutrisi Harley Street, Rhiannon Lambert, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan hanya dengan satu peserta yang juga merupakan penderita diabetes tipe satu, dan oleh karena itu mungkin ada faktor tambahan yang memengaruhi hasilnya.

"Kami tidak mungkin menerapkan kesimpulan satu studi berdasarkan satu laki-laki dengan populasi yang lebih besar," katanya kepada The Independent.

Salah satu kesalahpahaman umum seputar kedelai adalah bahwa kedelai menyebabkan ketidakseimbangan hormon, jelas ahli gizi Nichola Ludlam-Raine. Kacang kedelai dinilai bisa menurunkan kadar testosteron lelaki dan meningkatkan produksi estrogen.

Ludlam-Raine berpendapat bahwa mitos-mitos ini biasanya berasal dari penelitian yang dilakukan pada hewan yang telah diberi dosis kedelai yang sangat tinggi, jauh lebih banyak daripada ... Baca halaman selanjutnya