Ini Harus Anda Lakukan jika Digigit Ular

"Anda harus menjaga bagian tubuh yang digigit ular diangkat racunnya"
ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah Anda pernah digigit ular? lalu dengan apa kalian mengatasinya? Coyote Peterson, pembawa acara Brave Wilderness mengatakan hal pertama yang harus anda lakukan adalah tetap tenang, jangan sesekali dibawa panik.

Jika panik melanda, akan terjadi hal buruk yang membuat jantung memompa lebih cepat, itu bisa membuat racun menyebar lebih cepat.

Sebaliknya, Anda harus menjaga bagian tubuh yang digigit ular diangkat racunnya agar tak menyebar dan segera mencari pertolongan medis sebelum gejala muncul.

Dilansir dari laman bussines insider, jangan sesekali mencoba menghisap racun karena bisa memperburuk keadaan. Ada banyak jenis gigitan ular dan racun, jadi cobalah untuk mengingat yang tampak saat ular mengigit, ini bisa mendapatkan jenis anti racun yang benar.

Frank Burbrink, Kurator herpetology di American Museum of Natural History, mengatakan Anda juga dapat mencuci luka gigitan ular dengan air sabun, tetapi tidak menggunakan es atau merendamnya dalam air. Ia juga menyarankan agar tidak memakai tourniquet yang dapat menyebabkan banyak kerusakan.

[Tina]