Resiko Serangan Jantung Bisa Ditekan dengan Konsumsi Ini

"mengkonsumsi minyak kelapa memberikan sejumlah manfaat"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian di Universitas Cambridge menyatakan resiko serangan jantung dan stroke dapat ditekan dengan mengkonsumsi minyak kelapa setiap hari. Tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Kay-Tee Khaw dan Nita Forouhi melakukan penelitian terhadap 94 orang yang berusia antara 50 sampai 75 tahun.

Setelah dibagi menjadi tiga kelompok, periset meminta mereka untuk mengkonsumsi 50 g atau sekitar 3 sdm minyak kelapa, minyak zaitun extra virgin dan mentega tawar selama setidaknya empat hari dalam seminggu. Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi mentega tawar mengalami peningkatan kadar kolesterol LDL hingga sepuluh persen.

Kolesterol LDL juga dikenal sebagai kolesterol jahat, dan ini bertanggung jawab untuk memicu kejadian kardiak pada manusia. Sementara orang yang mengonsumsi minyak zaitun extra virgin, kadar kolesterol LDL mereka sedikit berkurang, namun kolesterol HDL naik hingga lima persen.

Kolesterol HDL (High-density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol baik, dan kadar HDL 60 mg / dL bisa melindungi orang dari serangan jantung dan kejadian kardiovaskular lainnya. Sementara itu, peserta yang mengonsumsi minyak kelapa menandai kenaikan kadar HDL sekitar lima belas persen, sementara kadar LDL juga berkurang.

Selain menaikkan kadar HDL, mengkonsumsi minyak kelapa memberikan sejumlah manfaat lain. Konsumsi minyak kelapa secara teratur juga efektif dalam mengatasi peningkatan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Minyak kelapa mengandung banyak asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, dan bahan ini memiliki sifat anti jamur, anti-virus dan anti-mikroba. Minyak kelapa juga dikenal mampu membunuh beberapa jenis sel kanker termasuk kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker endometrium.