Sering Diabaikan, Tiga Makanan Ini Sangat Bernutrisi

"Sayangnya manfaat makanan manis terkadang tak semanis rasanya"
ilustrasi olahan pare (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Banyak orang lebih menyukai makanan manis daripada makanan pahit. Tidak perlu ditanya alasannya apa, karena sudah jelas makanan manis lebih enak di lidah.

Sayangnya manfaat makanan manis terkadang tak semanis rasanya. Justru sebaliknya, makanan pahit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut 3 makanan pahit yang kerap dihindari padahal kaya nutrisi:

1. Kulit jeruk

Siapa sangka kulit jeruk mengandung nutrisi? Kulit buah sitrus (termasuk jeruk) mengandung senyawa flavon polmoksilasi yang berperan mencegah peradangan tubuh dan penyakit jantung.

Bahkan dilansir dari laman huffingtonpost, ada penelitian di tahun 2004 yang membuktikan bahwa kulit buah sitrus lebih ampuh menurunkan kadar kolesterol dibandingkan dengan obat-obatan lainnya.

Sekadar informasi, jeruk termasuk golongan buah sitrus. Nah, trik memakannya supaya tidak terasa pahit yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu, potong-potong sesuai selera, lalu campur pada olahan makanan yang kamu buat.

2. Teh hijau

Sebenarnya teh hijau ini sudah terkenal manfaatnya sejak dahulu kala sebagai ramuan herbal penurun berat badan. Bahkan penelitian mengenai khasiat teh hijau dalam menurunkan berat badan ini sudah pernah dilakukan pada tahun 2008 dan diterbitkan dalam jurnal Physiology of Behavior.

Tapi karena rasanya yang pahit banyak orang yang tak mau mengonsumsinya. Perlu kamu tahu, teh hijau mengandung antioksidan katekin yang berperan dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran lemak.

3. Pare

Pare memang terkenal sangat pahit dan banyak yang tidak menyukainya. Padahal pare kaya nutrisi, mulai dari vitamin A, B, C, folat, zat besi, magnesium, fosfor, seng, kalium, dan kalsium.

Buah dengan nama ... Baca halaman selanjutnya