Banyak yang Salah! Buah-buahan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Orang Sakit

"Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin makan buah setelah minum obat"
ilustrasi anggur. (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Banyak orang menyarankan untuk banyak konsumsi buah dan sayur ketika sakit. Hati-hati lho, pasalnya beberapa buah justru tidak disarankan dikonsumsi ketika kamu sakit karena dapat menghambat kinerja obat, apa saja?

1. Pisang
Hingga saat ini masih banyak orang menggunakan pisang sebagai alat bantu minum obat. Pisang dikunyah sebentar hingga lembut lalu obat dimasukkan dalam lumatan dan ditelan bersamaan. Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, karena kandungan tyramine dalam pisang akan menghambat kinerja pada beberapa jenis obat tertentu (di antaranya obat gagal jantung dan hipertensi).

2. Anggur
Sepintas, tak ada yang salah dengan anggur. Rasanya manis dan menyegarkan. Namun, kandungan dalam buah anggur ternyata bisa membuat obat tidak bisa diserap usus. Jenis obat-obatan yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan anggur adalah obat diabetes, pengencer darah, migrain, dan anti depresan.

3. Jeruk
Kalau kamu mau menjenguk teman atau saudara yang sakit, sebaiknya jangan bawakan jeruk. Konsumsi buah jeruk bersamaan dengan obat demam dapat memberikan efek samping halusinasi, mengantuk berlebihan hingga kerusakan otot.

4. Apel
Begitu pula dengan apel yang sering menjadi pilihan buah tangan untuk menjenguk orang sakit. Pasalnya konsumsi apel berdekatan dengan obat asma, alergi, dan pereda demam dapat mengganggu fungsi obat.

Wah, mulai sekarang lebih berhati-hati ya. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin makan buah setelah minum obat. (*)

sumber: HiMedik