Wajib Tahu! Stress Sering Terjadi di Kantor

"stres paling sering terjadi di kantor atau lingkungan kerja."
ilustrasi stress di kantor (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Stres bisa datang kapan saja, tak peduli Anda berada di rumah, jalan raya, atau kantor. Dalam kasus yang parah, stres dapat memicu sejumlah gejala psikologis dan fisik, seperti sakit kepala, nyeri dada, mual dan cemas.

Hasil penelitian terbaru di Inggris yang dilakukan dalam rangka memeringati National Stress Awareness Day menunjukkan 85 persen orang dewasa di Inggris mengalami stres. Dan stres paling sering terjadi di kantor atau lingkungan kerja.

Penyebab stres di kantor tak sebatas pada deretan email yang belum terbaca dan terbalas, atau jadwal rapat tanpa henti. Menurut psikolog klinis Dr. Megan Jones Bell, salah satu penyebab paling umum dari stres di tempat kerja adalah hubungan yang menantang dengan atasan.

“Sementara, banyak di antara kita ingin ada kesempatan untuk mengembangkan diri dan memiliki suara di kantor, tapi sayangnya, itu tidak selalu terjadi,” kata Dr. Megan seperti dilansir dari The Independent.

Penelitian ini juga menemukan bahwa sebagai bawahan, banyak di antara kita yang jarang bertatap muka langsung dengan atasan. Itu sebabnya, banyak kasus pengunduran diri karyawan yang alasan sebenarnya adalah untuk menjauh dari atasan, demikian hasil penelitian perusahaan polling Gallup di Amerika.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan American Psychological Association mengklaim bahwa 75 persen orang Amerika percaya bahwa bos mereka adalah “bagian paling menekan dari hari kerja mereka”.

Dr. Megan, yang juga asisten profesor dalam ilmu perilaku di Stanford University, California, menjelaskan bagaimana beberapa bos dapat sangat menuntut, yang dapat mengakibatkan hilangnya keseimbangan hidup karyawan, dan itu dapat memperburuk stres yang sudah ada.

"Benar-benar tidak bisa dibedakan lagi antara pekerjaan dan kehidupan di rumah," katanya.

Kita selalu berpikir bahwa harus ada keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah, ... Baca halaman selanjutnya