MSG Aman untuk Dikonsumsi, Ini Fakta-faktanya

"MSG dalam kategori bahan penyedap masakan yang aman dokonsumsi dan tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh"
ilustrasi MSG (net)

KLIKPOSITIF -- "Jangan pakai vatsin!". Mungkin seruan ini sering didengar saat memesan makanan. Namun, ternyata vatsin alias monosoduium glutamat (MSG) ini ternyata aman untuk dikonsumsi. Senyawa ini adalah gabungan dari sodium/natrium (garam), asam amino glutamate dan air.

Sekedar diketahui, MSG adalah penegas cita rasa gurih yang dibuat melalui proses fermentasi tetes tebu oleh bakteri Brevi-bacterium lactofermentum yang menghasilkan asam glutamat. Kemudian, dilakukan penambahan garam sehingga mengkristal. Dan itulah sebabnya kenapa MSG sering ditemukan dalam bentuk kristal putih.

Berdasarkan penelitian pada tahun 1987, Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA) dari Badan Pangan Dunia milik PBB serta WHO, menempatkan MSG dalam kategori bahan penyedap masakan yang aman dokonsumsi dan tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Pernyataan ini diperkuat oleh European Communities Scientific Committee for foods pada tahun 1991. Selanjutnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada tahun 1995 menyatakan bahwa MSG termasuk sebagai bahan bumbu masakan, seperti halnya garam, merica dan gula, sehingga aman bagi tubuh.

Ketua Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia, M. Fachrurozy menyebut, berdasarkan fakta-fakta ilmiah dan regulasi terkait keamanan pangan, MSG dimasukkan sebagai Bahan Tambahan Pangan yang Aman dikonsumsi dengan pemakaian secukupnya dan tidak menyebabkan dampak buruk/berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Tidak akan menimbulkan sakit kepala/migrain. MSG sebagai Bahan Tambahan Pangan ini juga sudah mendapat izin edar dari BPOM-RI," tulisnya dalam press rilis yang diterima KLIKPOSITIF, Selasa (2/1).

Untuk memperkuat, berikut adalah fakta-fakta dari MSG yang aman dikonsumsi:

  1. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) ini terbuat dari tetes tebu bukan zat kimia (sintetik) atau zat aditif dan MSG dibuat melalui proses ... Baca halaman selanjutnya