Ingin Rempah Tahan Lebih Lama, Ini Cara Menyimpannya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Menyimpan rempah di rumah baik untuk kebutuhan bumbu dapur atau jamu terbukti sangat berguna. Ketersediaan stok akan memudahkan kita untuk memasak atau membuat jamu yang diperlukan tanpa harus meraciknya setiap saat.

Saat membuat jamu sendiri di rumah rempah yang digunakan biasanya akan langsung habis terpakai. Sehingga jika ingin membuatnya kembali harus mengulang proses menghaluskan rempah lagi.

Tapi sebenarnya ada cara lain agar tak perlu mengulang haluskan rempah untuk dibuat lagi tanpa khawatir jadi busuk. Caranya sebaiknya rempah dilakukan proses pengeringan atau simplisia agar bisa disimpan dalam waktu lama dan tanpa perlu ulang menghaluskan.

Baca Juga

Contohnya jika ingin membuat jamu temulawak, rempah tersebut harus diiris tipis kemudian dikeringkan. Proses pengeringan bisa dilakukan menggunakan microwave atau langsung di bawah sinar matahari.

Kalau rempah dikeringkan bisa lebih lama penyimpanannya. Bisa sampai satu bulan, maksimal. Asal disimpan pada suhu ruangan biasa dan diwadah tertutup. Tak ada batasan waktu saat proses pengeringan.

Rempah yang kering akan mengandung sedikit air, sehingga tidak akan mudah busuk. Saat rempah akan dibuat menjadi jamu, cukup dicuci kemudian diproses seperti biasanya.

Baca Juga
Video

4 Harapan Lawan Corona

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Ramadhani