Harus Tahu, Ini Tips Mendidik Anak Berkarakter

KLIKPOSITIF - Apakah Anda ingin anak Anda menjadi anak yang berkarakter? Saya yakin, semua orang tua ingin mendidik anak berkarakter, tetapi tidak semuanya tahu bagaimana caranya untuk mendidik anak berkarakter.

1. Ingat, Anak Anda Selalu Meniru Anda

baca juga: Ketua DPR: Pemerintah Harus Dengarkan Aspirasi Masyarakat Sebelum Terapkan 'New Normal' Sekolah

Tips pertama untuk mendidik anak berkarakter adalah Anda harus selalu ingat bahwa setiap saat anak Anda memperhatikan Anda. Karena anak adalah peniru yang baik maka sudah menjadi tugas Anda untuk menjadi teladan dalam karakter, perkataan, etika, sopan santun, dan hal-hal positif lainnya.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena anak tidak mendengarkan Anda, tapi yang perlu Anda ingat adalah anak Anda memperhatikan dan meniru teladan dan karakter Anda.

baca juga: Kerusuhan Meluas, Ini Nasib WNI di Ameriksa Serikat

2. Aktif

Tips kedua untuk mendidik anak berkarakter terinspirasi dari salah satu artis ternama di Indonesia, Dian Sastrowardo, ketika diwawancarai dan ditanya mengenai masa kecilnya, dia berkata bahwa untuk menjadi anak berkarakter adalah harus aktif berbagai kegiatan apapun itu selagi positif.

baca juga: Habib Aboebakar Sayangkan Dua Kado Pahit di Hari Lahir Pancasila

Bisa dengan mengikuti kelas seni, musik, olahraga, organisasi, atau apapun itu. Aktif di berbagai kegiatan positif yang bisa membentuk anak berkarakter. Selain Dian Sastro, ada juga tokoh Edukator di Indonesia yaitu Merry Riana yang juga fokus membentuk anak berkarakter melalui penanaman nilai-nilai penting dalam kehidupan seperti networking, karakter, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, pentingya mengenal tujuan hidup, dan lain sebagainya.

3. Ajarkan Pentingnya Spiritual

baca juga: Hidayat Nur Wahid Imbau WNI di AS Tetap Waspada

Tips mendidik anak berkarakter yang terakhir adalah pentingnya pendidikan agama. Apapun agamanya, sangat penting untuk mengajarkan anak untuk menjadi anak yang taat akan Tuhan. Seringkali anak berkarakter merupakan anak yang juga takut akan Tuhan. Dengan nilai spiritual yang kuat, anak akan lebih tangguh ketika menghadapi persoalan hidup.

Itulah dia 3 tips sederhana bagaimana mendidik anak berkarakter. Semoga bermanfaat!

Editor: Eko Fajri