Ilmuwan Ciptakan Alat Tes HIV Berbentuk USB, Hasilnya Keluar dalam 30 Menit

"Tes USB ini dapat digunakan untuk membantu pasien di daerah terpencil. "
Ilmuwan di Inggris telah mengembangkan tes HIV jenis baru berupa USB. ( Imperial College London)

KLIKPOSITIF - Ilmuwan di Inggris telah mengembangkan tes HIV jenis baru berupa USB yang dapat disambungkan ke komputer atau laptop atau smartphone. Para peneliti mengklaim perangkat ini dapat mendeteksi virus dalam setetes darah yang diteteskan pada salah satu bagian USB sehingga menghasilkan sinyal yang dapat dibaca oleh laptop atau smartphone.

Dilansir dari Dailymail, teknologi sekali pakai ini bisa membantu pasien untuk memantau pengobatan mereka sendiri dan menghasilkan hasil yang akurat hanya dalam 30 menit.

Dikembangkan oleh tim Imperial College London dan perusahaan diagnostik DNA Electronics, tes USB ini dapat digunakan untuk membantu pasien di daerah terpencil dalam memantau kesehatan mereka secara lebih efektif. Seperti tes diagnostik saat ini, USB ini bisa mendeteksi jumlah virus dalam darah pasien. Tapi tidak seperti tes HIV standar, chip USB ini dapat memberikan hasilnya dalam hitungan menit bukan hari.

"Pengobatan HIV telah meningkat secara dramatis selama 20 tahun terakhir," kata Dr Graham Cooke, seorang ilmuwan di Imperial dan penulis senior penelitian yang diterbitkan hari ini di jurnal Scientific Reports.

Ia mengatakan, saat ini pengujian virus HIV sering membutuhkan peralatan mahal dan kompleks serta dibutuhkan beberapa hari untuk melihat hasilnya. Meski demikian, pasien perlu menjalani tes darah rutin untuk memeriksa jumlah virus. Jika obat berhenti bekerja atau jika virus menjadi kebal, maka terjadi peningkatan jumlah HIV dalam darah pasien. Tes HIV rutin dapat memeriksa keberadaan virus, tetapi tidak dapat memeriksa jumlahnya di dalam aliran darah.

Pihaknya mengharapkan tes diagnostik USB yang cepat dan efektif ini bisa memungkinkan pasien untuk menggunakan kit self-test, seperti yang digunakan para penderita diabetes untuk memeriksa kadar gula darah.

"Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana teknologi analisis baru ini ... Baca halaman selanjutnya