Apakah Kopi Baik untuk Kesehatan Organ Hati? Ini Faktanya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Studi baru yang dilakukan ahli menemukan, bahwa minum tiga sampai lima cangkir kopi secara teratur dapat mengurangi resiko kanker hati dan sirosis.

"Jumlah penderita penyakit hati akhir-akhir sedang meningkat dan penting bagi kita untuk mengetahui bahwa ternyata konsumsi kopi dapat mempengaruhi penyakit ini, "kata ahli kesehatan dari University College London di Inggris, Graeme Alexander.

baca juga: Tidak Disarankan Menghangatkan Menu Berbuka untuk Dimakan Saat Sahur

"Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko penyakit kanker hati, jadi ini akan menjadi lebih mudah bagi pasien yang memiliki masalah kesehatan dan memiliki kaitan dengan penyakit ini,"Alexander kata.

Penelitian dari AS dan Italia menunjukkan, bahwa konsumsi kopi secara konsisten dikaitkan dengan penurunan risiko sirosis, dengan potensi pengurangan resikonya sebanyak 25-70 persen.

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Masih ada penelitian lain yang menunjukkan adanya hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan resiko penyakit hati kronis, dengan rata-rata pengurangan risiko 25-30 persen pada orang yang jarang mengonsumsinya, dan pengurangan resiko sebanyak 65 persen pada mereka yang sering minum kopi .
"Penyakit hati adalah pembunuh berdarah dingin karena seringkali tidak ada gejala sehingga menjadi terlambat untuk ditangani," katanya lagi.

" Kopi adalah minuman yang mudah didapatkan oleh banyak orang, jadi dengan meminumnya secara teratur, baik itu kopi yang disaring, instan atau espresso tetap saja bisa membuat perbedaan dalam mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit hati," kata Graeme lagi.

baca juga: Berdampak Pembekuan Darah, Sejumlah Negara Dunia Stop Pakai Vaksin Johnson & Johnson

Laporan penelitian baru-baru ini dipresentasikan di Royal Society of Medicine di London. Juga lihatlah beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati Anda.

Sumber: www.Boldsky.com

baca juga: Konsumsi Vitamin Saat Berpuasa, Ini Waktu yang Dianjurkan

Penulis: Khadijah