Sejumlah Musisi Indonesia Tolak RUU Permusikan

Beberapa poster penolakan RUU Permusikan yang beredar di Instagram
Beberapa poster penolakan RUU Permusikan yang beredar di Instagram (screenshot)

KLIKPOSITIF -- Sejumlah artis dan musisi Indonesia menyatakan menolak RUU (Rancangan Undang-undang) Permusikan, karena ada beberapa pasal yang dinilai membatasi karya para musisi .

Diantara para musisi itu adalah Armand Maulana. Vokali band Gigi itu menyampaikan suara penolakannya melalui akun instagramnya.

baca juga: Ahmad Dhani : Harus Diakui, Jujur Nggak Ada Slank Nggak Ada Dewa 19

"Kalo isi bbrp pasal dari RUU PERMUSIKAN ini ttp kyk yg skr..jelas atuh sy mah akan menolak..yaaa ksh tau dulu ama undang undang sy & temen temen yg lain atuh kalo mau bikin draft tuh hehehe gini gini jg sy teh penyanyi & musisi lahh..sumpah loh...." tulis Armand Maulana.

Senada dengan Armand Maulana, gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan juga menyatakan penolakan di akun instagaramnya. "Berkarya dan berekspresi kok diatur, TOLAK !!" tulis Andra.

baca juga: Musisi, Seniman dan Pelaku Industri Kreatif Ramai-ramai Buat Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi, Ini Kata Pradikta Wicaksono

Selain itu Penyanyi Ari Lasso yang juga mantan vokalis Dewa19 tak ketinggalan menyampaikan penolakan RUU Permusikan, yang ditulis dalam akun instagramnya.

"Masalah Klasik dari jaman dahulu kala di Indonesia adalah pelaksanaan ‘perlindungan dan penghargaan hak dan karya cipta Musisi ’. Itu aja dulu deh. ••Kita hargai yg sudah susah payah mikir, debat, rapat, nyusun.. tapi Maap banyak pasal yg tidak perlu dan perlu diubah.✊🏼 #arilasso #musikIndonesia" tulis Ari Lasso.

baca juga: Pernah Menolak Meneruskan Promosi Lagu Barunya, Rizky Febian : Titik Terendah Aku di Tahun 2020

Tagar #tolakruupermusikan juga cukup ramai di Instagram. Setidaknya,hingga Senin malam ini pukul 22.10 WIB, telah tercatat 22.394 postingan yang memberi tagar tersebut.

Bahkan ada yang membuat pernyataan sikap yang mengatasnamakan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. (*)

baca juga: Berencana Usung Adat Melayu di Resepsi Pernikahan, Ifan Seventeen : Pengennya Sih Outdoor

Penulis: Iwan R