Mudah Dilakukan, Ini Tipe Olahraga yang Bagus untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebaliknya, kurangnya olahraga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes tipe 2, yang semuanya terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung .

baca juga: Tidak Disarankan Menghangatkan Menu Berbuka untuk Dimakan Saat Sahur

Jadi, jelas bahwa olahraga itu penting untuk jantung yang sehat.

Dilansir Insider, berikut olahraga terbaik dan seberapa banyak olahraga yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

baca juga: Tak Sabar Balapan di Portugal, Vinales Incar Podium

- Aerobik

Aerobik merupakan olahraga yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung . Ini juga dikenal sebagai olahraga kardio, karena secara langsung meningkatkan sistem kardiovaskular kita.

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

"Aktivitas aerobik akan meningkatkan kapasitas tubuh Anda untuk menggunakan oksigen, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan detak jantung ," kata Monisha Bhanote, MD, ahli penyakit dalam dan pendiri Pengobatan Integratif di Jacksonville Beach, Florida.

American Heart Association merekomendasikan orang dewasa melakukan minimal 150 menit atau 2,5 jam olahraga aerobik intensitas sedang setiap minggu.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Olahraga ini termasuk berjalan, menari, aerobik air, tenis, dan bersepeda.

- Olahraga kekuatan

American Heart Association merekomendasikan melakukan latihan kekuatan intensitas sedang hingga tinggi dua kali seminggu dengan minimum 150 menit per sesi olahraga .

Contoh latihan kekuatan meliputi angkat beban, latihan ketahanan, push-up, latihan beban tubuh, dan latihan inti untuk membakar lemak perut.

- Peregangan untuk kesehatan jantung

Peregangan dan peningkatan fleksibilitas adalah jenis latihan penting lainnya yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Beberapa jenis latihan peregangan, terutama yoga, dapat berdampak langsung pada kesehatan jantung dengan mengurangi kekakuan arteri, atau penebalan arteri yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan stroke.

Latihan peregangan dan fleksibilitas juga dapat membuat latihan aerobik dan latihan kekuatan lebih mudah.

"Peregangan dan fleksibilitas memungkinkan Anda melakukan aktivitas aerobik dan latihan kekuatan secara lebih efisien dengan mengurangi cedera dan meningkatkan stabilitas," kata Bhanote.

Ia merekomendasikan setidaknya lima menit peregangan lima kali seminggu, baik sebelum dan sesudah olahraga .

Editor: Eko Fajri