Awas, Jangan Santap Makanan Ini Disaat Perut Kosong

Ilustrasi jeruk
Ilustrasi jeruk (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Pola makan yang buruk bisa memengaruhi kesehatan sistem pencernaan, bahkan merusak usus. Salah satunya karena kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong .

Dilansir dari NDTV Food, Konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta dari India menjelaskan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong , yakni:

baca juga: Jangan Salah, 3 Buah Ini Sebaiknya Tidak Dimasukkan dalam Kulkas

Makanan pedas

Menyantap makanan pedas memang nikmat. Namun, mengonsumsi cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung sehingga menyebabkan reaksi asam dan kram. Makanan pedas bersifat menyengat dan bisa memicu gangguan pencernaan.

baca juga: Ingin Hasil Maksimal? Simak Tips Foto Malam Hari dengan Smartphone

Buah jeruk

Mengonsumsi jeruk atau buah apapun yang tergolong dalam keluarga citrus saat perut kosong tidak disarankan karena bisa meningkatkan produksi asam.

baca juga: Ini 3 Pemicu Penyakit Kronis dan Peningkatan Berat Badan

Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa pada buah-buahan juga bisa memperlambat sistem pencernaan kalau dimakan ketika perut kosong . Oleh karenanya, Rupali menyarankan untuk menghindari buah-buahan dengan serat keras seperti jambu biji dan jeruk di pagi hari.

Sayuran mentah

baca juga: Ini Jam Ideal Berhubungan Suami Istri Tiap Jenjang Usia Menurut Pakar

Sayuran mentah atau salad sayur rupanya juga disebutkan sebagai makanan yang sebaiknya tidak dimakan saat perut kosong . Makanan ini penuh serat kasar yang bisa memberi beban ekstra.

Sayur mentah juga bisa memicu perut kembung dan sakit perut saat dimakan ketika perut kosong .

Makanan atau minuman manis

Rupali juga menyarankan untuk tidak meminum jus buah di pagi hari, utamanya sebelum makan. Hal tersebut karena jenis minuman ini bisa menambah beban ekstra pada pankreas yang 'baru bangun' setelah beristirahat berjam-jam.

Ketika mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong , gula dalam bentuk fruktosa pada buah-buahan dapat membebani liver.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi