PANDAWA, Layanan Digital Tanpa Tatap Muka untuk Permudah Layanan Administrasi Peserta JKN-KIS

PANDAWA JKN KIS
PANDAWA JKN KIS (Net)
KLIKPOSITIF -

Dalam rangka mengoptimalkan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN -- KIS), BPJS Kesehatan menyediakan berbagai layanan digital atau layanan tanpa tatap muka. Salah satu diantaranya adalah jenis pelayanan yang diberikan melalui penggunanaan aplikasi WhatsApp atau yang bisa disebut dengan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). Hadirnya PANDAWA ini diharapkan dapat mempermudah tata layanan administrasi peserta JKN-KIS.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini, layanan online sangat dibutuhkan oleh peserta JKN -- KIS. Layanan PANDAWA dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, cukup chat ke nomor Whatsapp ke nomor 082173112717 untuk lima wilayah kerja (Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi) Kantor Cabang Bukittinggi. Jadi peserta hanya perlu chat nomor tersebut, nantinya petugas kita yang akan melayani apa yang kita butuhkan," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Yessy Rahimi.

baca juga: APEKSI Dukung Pemerintah Wajibkan Pekerja Rentan, Pegawai Non ASN Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Lebih lanjut Yessy menjelaskan, layanan administrasi dari PANDAWA ini meliputi pendaftaran peserta baru, perbaikan data ganda, pengaktifan kembali, penambahan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, ubah data golongan dan gaji, penonaktifan peserta meninggal dan perubahan fasilitas kesehatan (faskes).

"Dengan adanya PANDAWA ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan peserta dan mempermudah peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan BPJS kesehatan secara online. Selain itu PANDAWA ini diharapkan mampu menekan angka kunjungan dikantor BPJS Kesehatan dan mencegah risiko penularan COVID-19,"ujar Yessy.

baca juga: Pasca Inpres Diteken Presiden, 34 Ribu Pendamping Desa Terdaftar Program Jamsostek

Kemudahan layanan ini dirasakan oleh Yanti (43) warga yang berasal dari Nagari Baso Kabupaten Agam ini khawatir dengan penyebaran virus COVID-19, jika ada keperluan mendesak, baru keluar rumah. Saat dikonfirmasi oleh tim Jamkesnews, ia mengaku sangat mengapresiasi dan terbantu adanya layanan online BPJS Kesehatan.

"Program baru dari BPJS Kesehatan ini sangat membantu peserta. Mudah mengaksesnya, cukup kirim pesan melalui Whatsapp, data kita kirim, setelah itu balasan dari operator Pandawa. Jadi tanpa perlu keluar rumah, layanan melalui Whatsapp ini sangat membantu sekali terlebih lagi pada kondisi sekarang," ujar Yanti

baca juga: Jamin Kesejahteraan Seluruh Pekerja, Presiden Teken Inpres Perintahkan Seluruh Elemen Pemerintahan Dukung BPJAMSOSTEK

Layanan digital yang dimiliki BPJS Kesehatan tidak hanya PANDAWA saja, beberapa kanal layanan yang dapat di akses peserta meliputi aplikasi Mobile JKN, Care Center 1500400, layanan CHIKA di nomor Whatsapp atau Telegram ke nomor 08118750400 dan Facebook Massengger serta Voice Interactive JKN (VIKA).

Editor: Khadijah