Jaga Kesehatan Jantung, Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Makanan kaya antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh proses oksidasi. Sebuah studi oleh Harvard TH Chan School of Public Health menunjukkan bahwa orang dengan asupan lebih tinggi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang kaya antioksidan dikaitkan stres oksidatif kronis terkait stres, penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih rendah.

Dilasnir dari dari Healthshots, berikut beberapa makanan kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan , antara lain:

baca juga: Tidak Disarankan Menghangatkan Menu Berbuka untuk Dimakan Saat Sahur

Kacang-kacangan

Kacang kaya akan serat dan antioksidan (2 mmol per 100 gram). Menurut penelitian dari Science Direct, kaempfero yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis dan menekan pertumbuhan kanker.

Blueberry

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Blueberry rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi serta antioksidan. Blueberry mengandung hingga 9,2 milimol per liter (mmol) antioksidan per 100 gram. Menurut penelitian dari National Library of Medicine, antioksidan dalam blueberry yang disebut anthocyanin dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung , menurunkan kadar kolesterol LDL jahat, dan tekanan darah.

Bayam

Bayam sangat rendah kalori dan sarat dengan vitamin, mineral dan antioksidan (0,9 mmol per 100 gram). Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan ini membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

Cokelat Hitam

baca juga: Berdampak Pembekuan Darah, Sejumlah Negara Dunia Stop Pakai Vaksin Johnson & Johnson

Cokelat hitam sarat dengan antioksidan dan membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, kadar kolesterol jahat, serta tekanan darah. Camilan bergizi dan lezat ini juga membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung .Bit

Bit mengandung berbagai macam vitamin esensial, serat, antioksidan (1,7 mmol per 100 gram), dan mineral. Bit sendiri dapat membantu meningkatkan kesehatan sel, metabolisme, pertumbuhan tulang, dan sistem kekebalan tubuh. Betalains, antioksidan yang ditemukan dalam bit dapat menurunkan risiko kanker di usus besar dan saluran pencernaan, serta menekan peradangan.

baca juga: Konsumsi Vitamin Saat Berpuasa, Ini Waktu yang Dianjurkan

Editor: Ramadhani