Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Detak jantung , juga dikenal sebagai denyut nadi, adalah frekuensi detak jantung seseorang per menit. Detak jantung normal bervariasi pada setiap orang, tetapi kisaran normal untuk orang dewasa adalah 60 hingga 100 denyut per menit.

Detak jantung normal tergantung pada individu, usia, ukuran tubuh, kondisi jantung , apakah orang tersebut sedang duduk atau bergerak, penggunaan obat -obatan dan bahkan suhu udara, lapor Live Science.

baca juga: Tidak Disarankan Menghangatkan Menu Berbuka untuk Dimakan Saat Sahur

Emosi pun dapat memengaruhi detak jantung . Misalnya, saat seseorang bersemangat atau takut, detak jantung akan meningkat.

Hal terpenting adalah tubuh yang bugar dapat membuat otot jantung bekerja lebih efisien, menurut American Heart Association (AHA).

baca juga: Tak Sabar Balapan di Portugal, Vinales Incar Podium

" Jantung Anda adalah otot dan seperti halnya memperkuat otot lain dengan melakukan aktivitas, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan jantung Anda," kata Dr. Mary Ann Bauman, internis di Integris Baptist Medical Center di Oklahoma City.

Mengetahui detak jantung dapat membantu Anda memantau tingkat kebugaran tubuh sendiri, dan dapat mendeteksi jika ada masalah kesehatan jika mengalami gejala.

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Ketika orang berolahraga, dan detak jantung berada di "zona jantung target", mereka memperoleh manfaat paling banyak dan meningkatkan kesehatan jantungnya.

"Ketika detak jantung berada di zona target, artinya Anda mendorong otot untuk lebih kuat," sambung Bauman.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Zona detak jantung target seseorang adalah antara 50 persen dan 85 persen dari detak jantung maksimumnya.

Umumnya, detak jantung maksimum dihitung dengan cara mengurangkan usia Anda dari 220. Untuk orang berusia 30 tahun, misalnya, 220 - 30 = 190.

Editor: Eko Fajri