Apakah Minum Kopi Aman saat Hamil? Bumil Harus Tahu

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sebagai salah satu minuman yang disukai sebagian orang, kopi memang memiliki cita rasa yang unik dan menarik. Kafein yang ada di dalamnya pun bisa membuat pikiran menjadi lebih segar dan membangkitkan semangat saat bekerja. Sebagian orang juga mengaku bisa menjadi lebih fokus saat bekerja setelah mengonsumsi segelas kopi tiap pagi.

Akan tetapi, apakah minuman ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ? Yuk, simak penjelasannya di sini.

baca juga: Hindari Potensi Depresi, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Anda Ketahui

Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG, seorang spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktek di RS Bersalin Asih, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan kandungan kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi bayi jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dokter Benny juga mengatakan dengan jelas bahwa kandungan kafein yang terlalu tinggi pada kopi , bisa membuat mual dan muntah yang dialami ibu hamil menjadi lebih parah.

baca juga: Anda Tidur Mendengkur, Ahli Sebut ada Hubungan dengan Hipertensi

Gejala kehamilan di pagi hari berupa morning sickness memang sangatlah mengganggu pada sebagian besar ibu hamil . Dan diketahui konsumsi kopi bisa membuat gangguan ini menjadi lebih tidak mengenakkan.

Karenanya, lebih lanjut dokter Benny menyarankan agar ibu hamil minum kopi tidak terlalu berlebihan. Hal ini agar tidak menambah masalah perut yang dialami ibu selama hamil .

baca juga: Pola Hidup Tidak Sehat Saat Muda Adalah Bom Waktu Saat Beranjak Tua

Batasan Ibu Hamil Minum Kopi

Dokter Benny yang memiliki pengalaman 16 tahun dalam menangani kehamilan menyatakan bahwa ia tidak melarang ibu hamil minum kopi . Namun, ia memberikan batas tertentu untuk asupan kopi dalam sehari.

baca juga: Positif Covid-19 Indonesia Hari Ini Bertambah 4.295 Kasus, 212 Orang Meninggal

"Sebaiknya hanya dua cangkir saja sehari. Kopi apapun tak masalah, yang penting tidak melebihi ambang batas, yang bisa membuat pola makan ibu terganggu dan masalah pencernaan," katanya.

Untuk minuman teh yang juga mengandung kafein tetapi lebih rendah komposisinya, dibolehkan dua sampai tiga cangkir per hari. Ibu hamil juga bisa mengkombinasi asupan kopi dan teh dalam sehari, namun tidak boleh lebih dari dua cangkir dalam satu hari.

Artinya, satu cangkir teh dan satu cangkir kopi dalam sehari masih dianggap wajar. Tentu saja disarankan memakai cangkir yang ukurannya kecil ya, agar komposisi kafein tidak berlebihan.

Tetapi, tetap saja, menjaga konsumsi kafein agar tetap rendah dan seminimal mungkin masih lebih baik untuk dilakukan.

Risiko dan Dampak Buruk Ibu Hamil Minum Kopi Terlalu Banyak

Ada beberapa dampak buruk dan risiko yang perlu diketahui ibu hamil jika mengonsumsi kafein terlalu banyak. Berikut ini adalah beberapa daftarnya.

Risiko dan dampak burukIbu Hamil Minum Kopi Terlalu Banyak

Ada beberapa dampak buruk dan risiko yang perlu diketahui ibu hamil jika mengonsumsi kafein terlalu banyak. Berikut ini adalah beberapa daftarnya.

  • Kondisi ibu kekurangan darah atau anemia
  • Tekanan darah tinggi
  • Tremor
  • Asam lambung naik ke tenggorokan atau dikenal dengan GERD
  • Insomnia
  • Migrain
  • Sering buang air kecil
  • Gangguan pencernaan

Selain dampak buruk yang sudah disebutkan di atas, tentunya ada juga risko berbahaya yang akan menimpa janin yang sedang dikandung ibu hamil . Berikut ini adalah beberapa risikonya.

  1. Janin terpapar zat-zat yang ada di dalam kafein ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan sel-sel bayi.
  2. Kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan denyut jantung dan sedikit meningkatkan tekanan darah.
  3. Ibu hamil juga menjadi mudah merasa gelisah dan mengalami insomnia, serta merangsang sekresi asam lambung. Kondisi-kondisi tersebut tentu saja bisa memengaruhi perkembangan janin.
  4. Senyawa fenol yang terkandung dalam kopi juga dapat mempersulit tubuh menyerap zat besi, menyebabkan ibu hamil rentan terkena anemia sehingga ada kemungkinan bayi yang dilahirkan nanti memiliki risiko terkena anemia.
  5. Bahkan jika terlalu berlebihan mengonsumsi kafein bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah atau bahkan keguguran.

Takaran Kopi yang Dibolehkan untuk Ibu Hamil

Seperti yang disampaikan oleh Dokter Benny, ibu hamil minum kopi dibatasi hanya dua cangkir sehari, sekitar 200 ml kopi . Jumlah inilah yang bisa ditoleransi oleh tubuh ibu hamil dalam sehari.

Selain itu, sebaiknya ibu tidak minum kopi pada malam hari agar dia tidak mengalami masalah insomnia.

Dokter Benny juga menyarankan, agar kebiasaan minum kopi diimbangi pula dengan minuman sehat. Seperti air putih, infuse water dan jus buah segar tanpa gula berlebihan.

Demikianlah beberapa informasi seputar risiko dan bahayaminum kopi saat hamil . Perlu diingat bahwa batasan aman yang ada di atas sebaiknya tidak dijadikan target harian konsumsi kopi . Lebih aman bagi ibu hamil tentu saja menghentikan konsumsi sama sekali atau sesedikit mungkin kopi selama masih mengandung.

Editor: Eko Fajri