Wanita Ini Relakan Kuku yang Telah Masuk Guinness World Record Miliknya Dipotong, Ini Alasannya

Wanita Pemilik Kuku Terpanjang Putuskan Potong Kuku
Wanita Pemilik Kuku Terpanjang Putuskan Potong Kuku ((youtube.com/Guinness World Records))

KLIKPOSITIF - Wanita pemilik kuku terpanjang di dunia akhirnya memutuskan potong kuku setelah 28 tahun. Wanita bernama Ayanna Williams tersebut dulu sempat memecahkan rekor dunia .

Melansir Daily Star, Ayanna memecahkan Guinness World Record untuk wanita dengan kuku terpanjang. Ia terakhir memotong kuku pada awal 90-an.

baca juga: Tidak Disarankan Menghangatkan Menu Berbuka untuk Dimakan Saat Sahur

Setelah itu, Ayanna memutuskan untuk terus memanjangkan kukunya. Pada 2017, ia dinyatakan sebagai pemegang Guinness World Record dengan total panjang kuku 576,4 cm.

Sejak kecil, Ayanna memang suka memanjangkan dan menghias kuku . Saat memecahkan rekor dunia , nenek asal Amerika ini mengungkap bahwa ia butuh lebih dari 2 botol kuteks dan 20 jam untuk manikur.

baca juga: Amerika Tarik Tentara dari Afganistan, Dimulai 1 Mei Hingga 11 September

Pada 2021, total panjang kuku Ayanna sudah mencapai 733,55 cm. Namun, ia memutuskan untuk memotongnya dengan bantuan dokter.

Karena punya kuku panjang, Ayanna mengaku ia kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari. Ia juga tidak bisa melakukan hal-hal seperti mencuci piring atau memasang sprei.

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Meski begitu, Ayanna juga mendapat respons positif dari orang-orang di sekitarnya terutama anak-anak. Ia juga sering membanggakan kukunya yang sudah berusia puluhan tahun.

"Aku melakukan hal ini dengan anak-anak ketika mereka mendatangiku dan bertanya apakah ini kuku milikku, dan aku berkata ya kemudian bertanya berapa umur mereka. Mereka berkata, aku sepuluh atau tujuh tahun, dan aku akan berkata, tebak berapa umur kukuku. Ini sudah 28-29 tahun, lebih tua darimu!" kenang Ayanna.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Meski kuku nenek ini sekarang sudah dipotong, Ayanna mengaku siap memanjangkan kuku lagi di masa depan.

Tak hanya itu, kuku Ayanna yang sudah dipotong akan diawetkan dan dipajang di museum Ripley's Believe It or Not di Orlando, Florida.

"Dengan atau tanpa kukuku, aku masih seorang ratu. Aku bukan sekadar kuku , akulah yang membuat kuku (itu)," ungkap Ayanna.

Ayanna sendiri merupakan pemegang rekor kuku terpanjang khusus wanita. Sementara, pemilik rekor kuku terpanjang di dunia secara umum adalah Lee Redmond.

Lee Redmond merupakan pria asal Amerika yang mulai memanjangkan kukunya sejak tahun 1979. Kini, panjang kukunya mencapai total 8,65 meter.

Editor: Eko Fajri