Kebiasaan-kebiasaan Ini Sering Dianggap Sehat, Tapi Jangka Panjang Ternyata Bisa Merusak

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Meski dianggap sehat, ternyata ada beberapa hal yang dapat merusak kesehatan gigi Anda jika dilakukan secara terus-menerus.

Dilansir dari Live Strong, berikut kebiasaan yang dapat merusak gigi tanpa Anda sadari.

baca juga: Kasus Kematian Bayi di Pariaman Meningkat, Dinkes Sedang Cari Penyebabnya

1. Menggosok gigi terlalu keras

Sikat berbulu keras bersifat abrasif pada gigi dan gusi. Maka dari itu gunakan sikat berbulu lembut dan sika dengan ringan selama dua menit penuh.

baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Yang Jalankan Prokes Saja Masih Bisa Kena, Apalagi Abai

Menggosok atau menyikat gigi terlalu keras menekan juga tidak perlu. "Tekanan menyikat ringan menghilangkan residu lengket pada gigi . Setelah mengeras menjadi kalkulus, hanya profesional gigi yang dapat menghilangkannya" kata Michelle McGregor, RDH, MEd, profesor dan direktur Program Kebersihan Gigi di Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Virginia Commonwealth.

2. Langsung menyikat gigi

baca juga: Ini Wilayah-wilayah yang Nol Kasus Covid-19 Berdasarkan Laporan WHO

Baru saja menyeruput air lemon? Langsung menyikat gigi setelahnya dapat menyebabkan masalah.

"Adalah keliru bahwa jika Anda makan atau minum sesuatu yang asam, Anda harus segera menyikatnya. Asam itu sedikit melembutkan email, jadi menyikat segera setelah itu dapat memperburuk kerusakan," jelas McGregor.

baca juga: Ini Tips Move On setelah Patah Hati Karena Pasangan Selingkuh

Karenanya, bilas mulut Anda setelah makan atau minum makanan asam. Umumnya, dibutuhkan 20 menit setelah makan agar pH di mulut kembali ke netral secara alami. Jika sudah melewati waktu tersebut, Anda boleh sikat gigi .

3. Minum jus tiap hari

Banyak dari kita lebih suka membuat jus untuk mencukupi asupan buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari. Jadi membuat jus mungkin tampak seperti cara mudah untuk menambahkan satu atau dua porsi buah ke perut.

Tapi jus hijau, jus bit, jus wortel, jus buah atau sayuran segar apa pun mengandung gula yang sangat tinggi. "Jus buah lebih buruk daripada air lemon dan soda untuk gigi Anda," kata McGregor.

Untuk itu, cobalah untuk makan buah utuh. Sebab Anda akan mengunyah sesuatu, yang baik untuk gigi sekaligus merangsang produksi air liur.

4. Minum air lemon

Seperti diketahui, lemon memiliki tingkat keasaman tinggi. Lingkungan asam di mulut Anda memecah enamel dan bercampur dengan bakteri untuk memicu pembusukan, jelas McGregor.

Jika Anda menyukai minum air lemon, satu gelas sehari mungkin jumlah yang tidak bahaya untuk gigi . Namun coba gunakan gelas yang lebih besar untuk air lemon Anda, karena lebih banyak air akan mengencerkan minuman untuk membuatnya kurang asam.

Anda juga bisa minum melalui sedotan dan kemudian berkumur dengan air keran setelah menghabiskan segelas air lemon.

Editor: Eko Fajri