Lindungi Organ Cerna Anda, Ini Langkah Sederhananya

sumber serat
sumber serat (net)

KLIKPOSITIF - Organ pencernaan merupkan salah satu organ yang paling pennting dalam tubuh. Masalah pada organ ini bisa menyebabkan gangguan pada tubuh.

Menjaga gaya hidup sehat sangat berperngaruh dalam menjaga orgam pencernaan. Berikut ini sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga organ cerna, dilansir dari hellosehat:

baca juga: Kasus Kematian Bayi di Pariaman Meningkat, Dinkes Sedang Cari Penyebabnya

Konsumsi serat

Cara mudah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan yaitu dengan makan makanan kaya serat. Serat bermanfaat untuk melancarkan BAB dan mengurangi risiko sejumlah penyakit seperti wasir, radang usus, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Asupan serat juga dapat menyeimbangkan jumlah bakteri usus serta membantu Anda mencapai berat badan ideal. Untuk mendapat semua manfaat ini, jangan lupa sertakan sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian ke dalam menu harian Anda.

baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Yang Jalankan Prokes Saja Masih Bisa Kena, Apalagi Abai

Konsusmsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang secara alamiah hidup di dalam saluran pencernaan Anda. Bakteri ini membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, serta melancarkan kerja pencernaan sehingga tubuh senantiasa sehat. Selain itu, probiotik membantu memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan. Anda dapat menambah jumlah bakteri baik dalam usus dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik, seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

baca juga: Ini Wilayah-wilayah yang Nol Kasus Covid-19 Berdasarkan Laporan WHO

Makanan alamiMakanan alami adalah makanan yang tidak mengalami pemrosesan ataupun diberikan zat aditif (bahan tambahan), misalnya gula atau penambah rasa. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan ini dapat melindungi lambung dari berbagai penyakit pencernaan. Sebaliknya, konsumsi makanan hasil pemrosesan berkaitan dengan peningkatan risiko gangguan pencernaan. Gula dan garam tambahan misalnya, dapat meningkatkan risiko peradangan usus yang berujung menyebabkan sindrom usus bocor.Air yang cukup

Selain bermanfaat untuk melancarkan BAB, minum air juga merupakan cara untuk memelihara organ pencernaan seperti organ hati. Pasalnya, air membantu membuang racun dan menghilangkan efek samping pengobatan yang bisa mengganggu fungsi hati. Air juga membantu menstabilkan kadar cairan di dalam darah. Ketika Anda dehidrasi, darah cenderung menjadi lebih kental. Hal ini bisa saja memengaruhi kemampuan hati dalam menyaring darah dan membuang racun di dalamnya.

baca juga: Agus Samsudin: Siapa Sebenarnya Orang Nomor Satu yang Tangani Krisis Ini? Ini Penting

Editor: Ramadhani